Wednesday, February 02, 2011

art of making money




Investasi dan Trading

Istilah 'investasi' tentu sudah sangat familiar bagi sebagian besar masyarakat. Menanamkan sejumlah modal awal pada suatu lahan bisnis atau instrumen diyakini dapat meningkatkan taraf kehidupan menuju arah yang lebih baik.

Pola pikir tersebut mengacu pada imbal hasil dari modal yang memberikan keuntungan besar. Tujuan akhir dari keputusan ber-investasi tak lain adalah untuk meraih kebebasan finansial. Sesuatu yang sulit sekali didapatkan melalui upaya konvensional, seperti pada dunia kerja.

Setiap jenis investasi dipastikan selalu memiliki tingkat resiko yang beragam. Rangkaian guncangan ekonomi global dalam kurun waktu tertentu, bisa menjadi pembelajaran sebelum menetapkan keputusan bisnis. Sebagai contoh, fenomena krisis finansial asia yang terjadi pada tahun 1998. Tidak ternilai berapa besar modal uang ‘termakan’ oleh volatilitas dunia usaha pada waktu itu.

Peristiwa serupa terulang 10 tahun kemudian di belahan dunia yang berbeda. Krisis Sub-prime Mortgage dan masalah suplai minyak menghantam Amerika Serikat dan kawasan eropa. Isu besar yang dipicu oleh sektor perumahan tersebut telah menggerus harga properti di seluruh penjuru Amerika Serikat. Negara eropa lain turut terkena dampak resesi akibat kejatuhan beberapa lembaga finansial. Meskipun dalam skala makro, efek domino dari peristiwa itu ikut melemahkan sumber daya investor perorangan.

Berdasarkan pengalaman tersebut dapat disimpulkan bahwa profit dan risk mempunya korelasi yang tidak terbantahkan.

Terdapat dua varian investasi yang bisa Anda pilih sesuai karakter diri, yakni investasi riil dan investasi virtual. Kami akan membantu memberikan gambaran mengenai ciri khas masing-masing. Investasi riil pada umumnya membutuhkan modal besar dan waktu yang relatif lama untuk mencapai break-even point. Disamping itu, jenis investasi ini mensyaratkan kekuatan manajerial dukungan eksternal demi mencapai prospek jangka panjang. Berdasarkan statistik Small Business Administration (SBA), hanya 44% unit bisnis dapat bertahan lebih dari empat tahun. Rasio keberhasilan tersebut terbilang cukup menyedihkan untuk dijadikan tolok ukur investasi.

Tingkat kesulitan lebih tinggi akan ditemui apabila bisnis riil yang kita bangun memiliki konsep direct selling. Mengutip kiat Donald Trump dalam berbagai kesempatan, 3 faktor utama dari suatu usaha riil adalah lokasi, lokasi dan lokasi! Untuk membuktikan pernyataan ini, kita bisa memperhatikan strategi sebuah brand internasional yang membuka gerai di Jakarta. Sebuah merk yoghurt siap saji membuka beberapa gerai di mall-mall premium ibukota. Pemandangan serupa yang bisa ditemui pada setiap gerainya adalah antrian pembeli yang mengular hampir sepanjang waktu. Gambaran tersebut merupakan buah kemapanan dari sebuah brand yang berhasil membidik lokasi dan segmen yang tepat. Sayangnya, pemilihan lokasi sangat dipengaruhi oleh kemampuan pendanaan yang mumpuni dari pemodal. Biaya sewa lahan selalu jadi pos anggaran terbesar dari sebuah bisnis. Contoh tersebut hanyalah satu dari sekian banyak kendala yang pasti ditemui dalam investasi riil.

Masih banyak tantangan lain yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis ini, antara lain:

  • Struktur modal kurang efektif
  • Ekspansi yang terlalu pesat, sebagaimana tampak pada banyaknya bisnis di AS yang roboh ketika krisis finansial terjadi
  • Anggaran pengeluaran yang terlalu besar, terutam untuk promosi
  • Pemilihan lokasi yang kurang strategis
  • Perencanaan bisnis yang tidak konkrit dan kurangnya efektifitas dalam kinerja manajemen

Dari kacamata profit usaha, keuntungan bisnis riil relatif tidak terlalu signifikan. Perputaran uang melalui transaksi langsung, sangat tergantung pada ketersediaan likuiditas. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki sebuah hunian pada suatu wilayah strategis. Ketika harga rumah tersebut mengalami kenaikan, maka Anda memutuskan untuk menjualnya. Langkah terpenting yang harus Anda lakukan adalah menemukan calon pembeli yang akan menyetujui penawaran Anda. Meskipun aset dan harga properti Anda sangat atraktif, kenaikan nilai investasi itu hanya akan sia-sia bila tidak ada pembelinya.

Segala tantangan yang sudah kita bahas di atas, tidak akan ditemui pada investasi berjangka. Monex menawarkan kepada Anda, rangkaian produk investasi yang sangat memahami kebutuhan bisnis Anda. Likuiditas seluruh unit investasi kami sangat tinggi dan dapat diperdagangkan kapan saja. Produk berjangka kami pada umumnya memiliki karakteristik high risk/high return. Sehingga semua mitra usaha Kami dapat menikmati potensi keuntungan yang tidak terbatas.

Apabila Anda menemukan kecocokan dengan konsep investasi seperti ini, Anda sudah berada pada website yang benar. Karena Kami akan membimbing Anda untuk benar-benar memahami pengelolaan investasi berjangka. Mulai dari pengertian dasar hingga kiat dan strategi jitu yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Agar nantinya Anda bisa menghasilkan return yang lebih besar.

Investasi vs Trading

Setelah Kita mengulas berbagai jenis investasi dan mitos yang beredar di dalamnya, kini Anda segera memahami prinsip utama trading. Terutama ciri khas trading yang membedakannya dengan investasi konvensional.

Konsep pertama trading yang harus Anda mengerti adalah adanya perbedaan mendasar antara trading dan investasi. Pendapat umum mengatakan bahwa dua hal ini memiliki substansi yang sama. Perumpamaan di bawah akan memberi gambaran mengenai perbedaan di antara trading dan investasi.

Prinsip dasar investasi dapat di-analogikan pada perumpamaan berikut ini; Anda membeli sebuah rumah dengan tujuan untuk menyimpannya sebagai modal. Kemudian rumah tersebut Anda sewakan kepada mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan. Jenis usaha ini merupakan salah satu implementasi investasi yang sebenarnya. Karena rumah tersebut menghasilkan uang tambahan bagi Anda tanpa Anda harus bekerja terlalu keras. Modal awal usaha (berupa rumah), akan memberikan pendapatan uang kepada investor hingga jangka waktu tertentu.

Sementara konsep trading akan tertuang bila Anda membeli investasi rumah tersebut dan menyimpannya selama jangka waktu tertentu. Harapan Anda adalah terjadinya kenaikan nilai properti Anda ke titik tertinggi ideal. Pada saat harga investasi hunian mencapai level yang dirasa cukup bagus, Anda putuskan untuk menjual rumah tersebut. Keuntungan yang Anda dapat merupakan selisih dari nilai beli rumah terdahulu dan harga jual terkini.

Meskipun kedua cara trading dan investasi di atas menghasilkan keuntungan, namun trading memiliki keunggulan yang tidak dimiliki investasi. Pada investasi bisnis, kerugian modal akan terjadi saat harga aset Anda jatuh. Misalnya, ketika rumah yang tadi Anda miliki tanpa diduga terkena bencana alam. Nilai rumah dan aktifitas usaha Anda dipastikan akan terganggu oleh kerusakan yang terjadi. Secara otomatis harga rumah Anda berbalik arah menjadi kerugian investasi.

Pada investasi perumahan, Anda tidak dapat mengambil keuntungan dari kejatuhan harga. Disinilah letak keunggulan trading, instrumen derivatif memberikan keleluasaan bagi Anda untuk meraih peluang dari harga yang sedang turun. Hanya dengan membuka posisi sell sebagai posisi new. Maka ketika harga instrument investasi jatuh, Anda dapat melikuidasi posisi trading dengan satu klik saja. Trading juga memiliki kelebihan lain pada variabel-variabelnya yang patut disimak, antara lain:

a. Jangka Waktu

Masa berlaku keputusan investasi memiliki rentang waktu yang panjang dan mengikat hingga mencapai tingkat keuntungan ideal. Tempo trading yang diproyeksikan bisa dalam beberapa bulan, bahkan hingga puluhan tahun.

Contoh: seorang investor membeli investasi tanah pada lokasi yang menjanjikan dari sudut pandang ekonomis. Ketika harga tanah mengalami kenaikan, sang investor memutuskan untuk menjualnya. Dalam hal ini, pemodal harus menunggu nilai asetnya melonjak dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan waktu secara lebih efisien dapat dijumpai pada trading. Seorang trader dapat mengubah keputusan investasi dalam timeframe trading yang sangat pendek. Sebagai perumpamaan, Anda membeli alat investasi derivatif. Hanya dalam waktu lima menit trading, nilai investasi Anda naik ke harga yang menguntungkan. Trading anda dapat langsung melakukan aksi jual tanpa harus direpotkan oleh delay atau proses birokrasi apapun. Hal ini bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu selama sesi perdagangan trading sedang aktif.

b. Likuiditas

Dalam dunia investasi, likuiditas trading sebuah alat investasi berarti menggambarkan luas pasar transaksi terhadap instrumen tersebut (rasio jumlah penjual dan pembeli). Semakin tinggi likuiditas, maka bertambah mudah pula proses trading transaksi dapat dilakukan. Likuiditas yang rendah membawa kesulitan bagi penjual untuk menemukan pembeli.

c. Potensi Keuntungan

Dalam investasi tradisional, tidak terdapat fasilitas leverage karena berbasis modal penuh. Leverage merupakan layanan bagi investor untuk melakukan pembelian suatu instrumen trading dengan hanya mengeluarkan modal investasi jauh lebih kecil dari harga instrumen tersebut. Dalam perdagangan derivatif (penjelasan lebih detil bisa dilihat pada artikel selanjutnya), sebuah instrument trading berjangka dapat dibeli dengan hanya modal 10% dari nilai instrumen, bahkan ada produk yang dapat dibeli dengan hanya mengeluarkan 1% modal dari nilai total.

Contoh kecil proyeksi keuntungan dari investasi riil dapat disimak pada cerita berikut ini. Seandainya Anda membeli tanah di daerah elit ibukota seharga Rp 1 Miliar. Satu tahun kemudian harganya mencapai Rp.1,1 Miliar sehingga Anda putuskan untuk menjualnya. Dari modal investasi Anda sebesar Rp 1 Miliar tersebut, profit yang dihasilkan sejumlah Rp 100 juta. Perhitungan Return On Investment (ROI) dari modal awal Anda adalah sebagai berikut:

100/1000 x 100% = 10%

Bandingkan dengan potensi keuntungan yang bisa diraih produk trading derivatif berdasarkan contoh berikut. Anda membeli 100 troy ounce emas pada harga $1,000 per troy ounce (total modal yang dibutuhkan sebesar $10,000). Kemudian Anda menjualnya pada harga $1,100 per troy ounce. Dari transaksi ini, Anda memperoleh profit sebesar $10,000 ($100.00 x 100 troy ounce).

Perhitungan ROI Anda adalah sebagai berikut:

$10,000 / 10,000 x 100% = 100% dari nilai investasi kita.

Derivatif / Trading Instrumen Berjangka

Derivatif atau trading instrument berjangka merupakan produk-produk dan keungggulan instrumen yang diperdagangkan di Monex. Setelah mengulas berbagai perbedaan antara investasi dan trading, mungkin timbul rasa ingin tahu Anda mengenai produk-produk derivatif atau berjangka tersebut. Kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut untuk menjawab kebutuhan Anda.

Instrumen yang Kami kelola merupakan produk berjangka atau derivatif. Berbeda dengan instrumen yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas lainnya, yang memasarkan instrumen berupa aset underlying.

Pengertian dasar dari derivatif adalah “A financial instrument whose characteristics and value depend upon the characteristics and value of an underlier,” yaitu sebuah instrumen turunan dimana karakteristik dan nilainya berdasarkan nilai and karakteristik instrumen underlying.

Perbedaan mendasar dari produk underlying dan derivative atau berjangka terletak pada pasar transaksi masing-masing. Instrumen underlying diperdagangkan pada bursa tertentu, sedangkan instrumen derivatif diperdagangkan secara Over The Counter (OTC) yaitu antara pihak pertama dan kedua.

Keunggulan dari instrumen derivatif atau berjangka dibandingkan produk investasi lain adalah sebagai berikut:

Instrumen derivatif atau berjangka memungkinkan Anda mereguk keuntungan dari pergerakan naik dan turun harga. Pada transaksi instrumen underlying biasanya akan menemui kendala utama, yakni hanya bisa melakukan aksi beli, sehingga hanya bisa profit jika harga mengalami kenaikan. Kecenderungan ini bisa dilihat pada instrumen konvensional seperti tanah, saham Indonesia dan aset lainnya.

Pada saat terjadi krisis subprime mortgage, saham BUMI terpuruk dari high 8,000 menuju ke low 400. kebanyakan investor yang membeli saham BUMI ketika harga turun, terpaksa menutup posisi di tengah atau memiliki posisi pada level lebih tinggi dibandingkan harga sekarang.

Tidak adanya fungsi short selling pada saham Indonesia membuat investor tidak bisa menerima keuntungan dari penurunan drastis saham tersebut.Instrumen derivatif / berjangka tidak menerapkan pemotongan pajak sehingga profit yang diterima oleh investor merupakan keuntungan bersih dari hasil transaksi dan tanpa dikenakan biaya pajak.

Kemudahan penarikan imbal hasil investasi menjadi salah satu daya tarik derivatif / berjangka. Investor dapat mengambil keuntungan kapanpun dengan proses withdrawal pada hari yang sama (berbeda dengan sistem investasi lain).

Manajemen risiko derivatif atau berjangka yang profesional memungkinkan investor derivatif untuk meminimalisir tingkat kerugian, namun memberikan potensi keuntungan tidak terbatas. Likuiditas produk berjangka sangat tinggi. Posisi dapat dibuka/ditutup kapan saja Anda inginkan dalam pasar perdagangan yang umumnya bergerak 24 jam. Nilai tambah ini membedakan produk derivatif dengan saham, dimana setiap pembukaan dan penutupan transaksi harus masuk ke antrian dulu dalam pasar yang tidak terbuka 24 jam. Kondisi ini memungkinkan gap harga dapat up atau down.

Legalitas produk berjangka sudah diakui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Legalitas

Legalitas hukum menjadi faktor terpenting dalam dunia investasi Indonesia. Perangkat ini sangat dibutuhkan untuk melindungi hak-hak investor, terutama yang berkaitan dengan aset investasi. Pencitraan legalitas terhadap bisnis forex dan indeks bisa saja terpuruk setelah berbagai laporan atas pencurian atau penyelewengan. Namun persepsi negatif tersebut memudar dengan sendirinya.

Mengingat pasar derivatif terbukti memiliki efisiensi tertinggi dibandingkan pasar investasi lain, mengacu pada aspek kemudahan, keuntungan, biaya, transparansi dan lain-lain. Masyarakat dianjurkan untuk memilih pialang yang tepat yang mempunyai legalitas dan kontrol yang baik terhadap pengelolaan dana.

Mekanisme legalitas perdagangan produk berjangka dapat dilihat pada penjelasan berikut ini:

Seperti semua legalitas investasi riil dan virtual, terdapat dua belah pihak yang bertransaksi, yakni seorang pembeli dan penjual. Broker berperan dalam mempertemukan pembeli dan penjual. Lalu kepentingan keduanya diteruskan pada lantai bursa. Perbedaan bursa sebagai pasar dengan pasar tradisional adalah bahwa transaksi tidak terjadi perseorangan tetapi diakumulasikan baru kemudian dieksekusi.

Asumsikan Anda memiliki pandangan bahwa nilai GBP akan meningkat terhadap USD. Posisi GBP/USD kini berada pada level 1.4997/1.5000. Anda membeli 1 lot GBP/USD pada harga 1.5000. Pertanyaan yang muncul adalah jika posisi Anda adalah sebagai pembeli, siapakah penjual alat investasi tersebut?

Apabila tidak ada investor yang menjual GBP/USD, maka pialang akan menjadi penjual untuk sementara waktu. Perusahaan pialang akan menampung semua transaksi yang dilakukan oleh para pelanggan. Kemudian pialang akan meneruskan transaksi Anda ke lembaga/bank/pialang/hedge fund yang lebih besar. Sehingga posisi pialang adalah menjadi penghubung antar investor retail dengan lembaga keuangan besar lain. Mekanisme transaksi yang diterapkan tetap sama pada semua instrumen.

Pengawasan dan legalitas

Sebelum berpikir untuk melakukan trading, Anda dianjurkan memeriksa legalitas dari perusahaan penyedia layanan investasi. Pastikan memilih legalitas perusahaan dengan reputasi baik dan volume transaksi besar. Langkah selektif dapat melindungi Anda dari resiko kehilangan aset karena penyelewengan perusahaan pialang.

Apabila perusahaan sekuritas (saham) memiliki izin dan registrasi dari Badan Pengawas Perdagangan Pasar Modal (BAPPEPAM), maka legalitas perusahaan berjangka pun demikian. Perdagangan Forex, Indeks dan Komoditi mempunyai payung hukum yang kuat pada tiga lembaga otoritas, yaitu:

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI)

Lembaga ini memilik legalitas fungsi yang setara dengan BAPPEPAM pada pasar saham. BAPPEBTI bertugas membuat peraturan dan mengawasi penerapannya dalam aktifitas perdagangan berjangka.

Bursa Berjangka Jakarta (BBJ)

Serupa dengan bursa efek, BBJ menyediakan pasar transaksi untuk produk berjangka dalam bentuk Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) atau Online trading

Kliring Berjangka Indonesia (KBI) Lembaga ini berperan dalam memberi jaminan atas dana nasabah yang diinvestasikan dalam produk berjangka.

Uraian diatas hanya garis besar wewenang legalitas ketiga lembaga yang sesungguhnya jauh lebih rumit. Namun informasi tersebut sedikit banyak telah memberikan pencerahan sebelum Anda menyeleksi perusahaan pialang. Pastikan Anda menaruh kepercayaan pada broker yang terdaftar sebagai anggota ketiga badan tersebut. PT Monex Investindo Futures (MIF) merupakan anggota sah dalam BAPPEBTI, BBJ dan KBI. Kami memiliki volume lot terbesar berdasarkan catatan terkini Bursa Berjangka Jakarta.

Maraknya minat dan permintaan terhadap produk berjangka di Indonesia telah menggiring banyak perusahaan pialang masuk ke Indonesia. Namun hanya beberapa di antaranya saja yang memiliki legitimasi dan kinerja money management yang mumpuni. Banyak pialang mencanangkan promosi besar-besaran guna menarik simpati investor baru. Berbagai jargon penjualan yang mungkin pernah Kita dengar antara lain:

“Quit your day time job and start making a fortune off of Forex trading" “30-40% returns a month”

“A forex robot that works in all conditions and all four seasons."


dan lain sebagainya.

Semua tagline tersebut sudah familiar bagi masyarakat bisnis Indonesia. Akan tetapi, tidak ada yang bisa menjamin keampuhan sistem dan robot trading akan berjalan sesuai dengan ungkapan promosi mereka.

Mengacu pada pepatah Inggris:

“If it SOUNDS too good to be, it mostly is”.

Pada akhirnya pialang dengan reputasi terbaik yang akan menjadi pilihan investor bijak.

Memilih Pialang

Pialang merupakan suatu pilihan tempat berinvestasi, meskipun terlihat sulit proses pemilihan pemilihan pialang hanya membutuhkan ketelitian dan kemampuan analisa yang baik. Dengan menyerap berbagai informasi dari data-data lembaga berjangka, internet atau rekomendasi kolega yang kompeten, Anda bisa menentukan keputusan final yang tepat untuk memilih pialang. Kami meyakini bahwa reputasi PT Monex Investindo Futures telah diakui dan dikenal dalam banyak publikasi. Ada beberapa alasan yang bisa membuat Anda menjatuhkan pilihan investasi bersama PT Monex Investindo Futures, yaitu:

Legalitas Pialang

PT Monex Investindo Futures memiliki legalitas pialang dan izin dari BAPPEBTI dan merupakan anggota BBJ dan KBI.

Spread

Memiliki spread terendah di seluruh Indonesia dan menyaingi pialang asing dengan spread hanya 2 pips.

Riset dan Analisis

Pialang yang menyediakan hasil riset dan analisis secara lengkap dari harian, mingguan hingga bulanan, baik bersifat cetak (futures monthly) maupun elektronik (Monex Daily dan Weekly), kepada Nasabah dan publik secara umum agar dapat dijadikan referensi untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan keputusan transaksi.

Variasi rekening Segregated Account dan Sistem Withdrawal Cepat

Dana nasabah akan disimpan dengan aman dalam rekening terpisah (segregated account) baik untuk akun USD maupun IDR, melalui bank yang disetujui oleh pemerintah. Apabila muncul masalah/isu dengan PT Monex Investindo Futures, dana nasabah tetap aman dan tidak dapat digunakan untuk operasional perusahaan. Withdrawal dapat diproses dan dilakukan kurang dari sehari (sebelum jam 12).

Edukasi

Layanan edukasi kepada nasabah melalui pelatihan Monex Free Training, seminar ataupun dalam bentuk cetak seperti e-book dan buletin (Futures Monthly) yang diberikan secara berkesinambungan. Layanan tersebut bertujuan menambah ketrampilan trading nasabah serta pengetahuan yang benar mengenai investasi berjangka. Hanya pialang Monex satu-satunya pialang dari ratusan pialang di Indonesia yang menjadikan “Free education” sebagai motto utama, karena ilmu pengetahuan seharusnya tidak menuntut bayaran apapun (gratis).

Produk yang Ekstensif

Kami menyediakan produk yang ekstensif. Setiap investor/trader tentu ingin berinvestasi pada sebuah pialang yang menawarkan variasi produk lengkap. Monex menyajikan berbagai jenis produk dengan profil resiko yang berbeda-beda guna menyesuaikan dengan karakteristik nasabah.

Platform Pialang Online Terbaik

Platform trading Monex adalah yang terbaik di kelasnya. Online trading menggunakan Monex Trader, yaitu sebuah online trading platform terkemuka di dunia keuangan.

Support 24 jam


Monex berkomitmen untuk memberikan support 24 jam dalam bentuk online Livechat ataupun melalui telepon. Fasilitas ini dikembangkan bagi nasabah jika memiliki pertanyaan atau mengalami masalah tertentu.

Online Trading dengan Monex Trader

Monex Trader platform tercanggih di dunia, menipis pikiran akan proses trading zaman dulu yang dilakukan seperti yang tergambar pada berbagai media visual. Sebagaimana dapat Kita lihat pada film-film tentang dunia investasi, seperti Wallstreet Journal dsb. Anda menelepon broker untuk memberikan perintah transaksi. Kemudian sang broker akan menghubungi floor trader supaya menaruh order yang Anda kehendaki.

Seiring kemajuan zaman, proses transaksi konvensional seperti ini mulai ditinggalkan. Trading melalui telepon dianggap sudah kuno setelah hadirnya teknologi jaringan komputer. Bahkan segala perintah eksekusi kini dapat dilakukan tidak hanya via personal computer,tapi melalui mobile device, seperti smartphone dan pocket PC.

Monex Trader, sebuah platform yang dirancang oleh Meta Quotes systems. Semua produk Monex dapat diperdagangkan melalui platform Monex trader. Mulai dari Forex stock index, commodity hingga CFD saham. Maka ketika Anda sudah mahir dan terbiasa menggunakan Monex trader pada suatu produk, tidak akan ada kesulitan berarti untuk mengoperasikannya pada produk lain.

Keunggulan Monex Trader

  • Monex trader Sistem platform yang mudah dipahami - Alasan utama dalam pemilihan sebuah trading platform dibandingkan platform lain adalah kemudahan dalam penggunaan (intuitive User Interface). Terdapat banyak trading platform online yang beredar di pasar, namun tidak ada yang menyamai kemudahan Monex Trader. Segera registrasikan diri Anda untuk mendapatkan sebuah demo account agar dapat membuktikannya sendiri.
  • Harga yang ditampilkan selalu bisa diperdagangkan bukan indikasi– Monex trader, baik demo maupun live, menggunakan harga real-time dari interbank.
  • Chart atau grafik serta indikator-indikator yang ditampilkan mudah dipahami Anda dapat menggunakan chart beserta indikatornya guna memantau dan melakukan analisa terhadap instrumen.
  • Rangkuman yang lengkap tentang aktifitas trading– Anda dapat memonitor Clients Order, Account Equity, Floating Profit Loss, Level Margin Call/ Auto Cut, posisi dan pending order pada Monex Trader secara real-time.
  • Platform multi bahasa– Anda dapat memilih lebih dari 32 bahasa dalam pengoperasian Monex Trader, termasuk bahasa Indonesia.
  • Tingkat keamanan yang tinggi– Trading melalui Monex Trader terjamin keamanannya dan bebas dari kemungkinan intervensi hacker (penyimpanan rahasia password yang ketat sangat disarankan).
  • Penggunaan bandwidth yang kecil dalam mengakses platform – Kecepatan akses jaringan internet di Indonesia relatif sangat lambat. Sehingga seringkali investor mengalami internet down saat sedang bertransaksi. Platform Monex Trader yang ringan memungkinkan Anda mengakses platform, baik dengan koneksi dial-up maupun GPRS (via telepon seluler).
  • Adanya script Monex trader untuk membantu Anda menyusun program strategi trading Anda - Tidak masalah apabila Anda tidak tertarik untuk melakukan programing, Anda dapat membeli/men-download robot yang menggunakan script yang compatible dengan Monex Trader untuk langsung mengoperasikannya. Atau dengan memilih solusi lain dengan menggunakan produk baru Kami, yaitu FATS (Forex Automatic Trading System) untuk melaksanakan transaksi.
info lebih lanjut :
PT Monex Investindo Futures
Nugrahari Bowo (Financial Consultant)
0858 6868 4888
Nugraharibowo@yahoo.com








monex

No comments: